Materi Perubahan Sosial Budaya dalam Rangka Modernisasi Bangsa Indonesia : IPS Sekolah Dasar

Perubahan Sosial Budaya dalam Rangka Modernisasi Bangsa Indonesia
  1. Interaksi manusia dan lingkungan
Kita hidup di dalam masyarakat artinya, kita hidup bersama orang lain, bisa bersama keluarga, teman-teman, tetangga, penduduk sedesa, penduduk sekota, atau dengan penduduk yang tinggal satu negara dengan kita. Dalam kehidupan bermasyarakat, kita harus dapat beradaptasi dengan lingkungan, termasuk dalam hal perilaku, aturan, nilai, norma, kepercayaan dan adat istiadat yang berlaku di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, kita seharusnya mengetahui tentang kebudayaan bangsa yang beranekaragam hingga dapat menyesuaikan diri terhadap aturan aturan dan cara-cara beradaptasi terhadap lingkungan. Hal ini bertujuan agar keberadaan kita dapat diterima dalam suatu kelompok masyarakat.
  1. Perubahan sosial budaya
Perubahan sosial budaya meliputi berbagai hal seperti cara berpikir, berperilaku, dan perubahan alat-alat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kingsley Davis berpendapat bahwa perubahan sosial merupakan perubahan terhadap sistem, struktur, dan fungsi sosial dalam masyarakat. Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya antara lain bertambahnya penduduk, adanya penemuan baru, terjadinya konflik/peperangan, adanya perubahan lingkungan alam seperti gempa bumi, sunami atau gunung meletus,dan adanya pengaruh kebudayaan masyarakat lain. Beberapa contoh seperti pada gambar di bawah ini,
Saat ini, kita hidup di era modern dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan berkat kemajuan teknologi dan informasi. Manusia dapat melakukan apa saja di dunia ini tanpa batas, dan mereka dapat berkomunikasi, berdagang, bergerak kemana saja yang mereka inginkan, bergerak antar pulau , antar  negara di dunia ini dengan cepat. Setiap perubahan banyak keuntungan dan banyak juga kerugian yang kita terima. Hal ini perlu kita sikapi dengan bijaksana, dengan memanfaatkan perubahan tersebut dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Perubahan Sosial Budaya dalam Rangka Modernisasi Bangsa Indonesia : IPS Sekolah Dasar"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel