Pengertian, manfaat dan macam-macam tanggung jawab

Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak | Gerakan Literasi Nasional
Istilah tanggungjawab pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Tanggungjawab secara mudah diartikan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Sedangkan definisi tanggung jawab secara harafiah dapat diartikan sebagai keadaan wajib menanggung segala sesuatunya jika terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan atau juga berarti hak yang berfungsi menerima pembebanan sebagai akibat sikapnya oleh pihak lain.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tanggung jawab adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Rasa tanggungjawab muncul karena manusia menyadari akibat baik dan buruk perbuatannya. Selain itu ia menyadari pihak lain akan membutuhkan pengorbanannya.
Rasa tanggungjawab juga muncul karena ada rasa peduli dan merasa diri harus terlibat dalam menyelesaikan masalah orang lain.
Adapun pengertian tanggungjawab menurut ahli adalah sebagai berikut:

1. Friedrich August von Hayek
Istilah tanggungjawab pribadi atau tanggungjawab sendiri sebenarnya “mubadzir”. Suatu masyarakat yang tidak mengakui bahwa setiap individu mempunyai nilainya sendiri yang berhak diikutinya tidak mampu menghargai martabat individu tersebut dan tidak mampu mengenali hakikat kebebasan.
2. George Bernard Shaw
Shaw mengatakan orang yang dapat bertanggungjawab terhadap tindakannya dan mempertanggungjawabkan perbuatannya hanyalah orang yang mengambil keputusan dan bertindak tanpa tekanan dari pihak manapun atau secara bebas.
3. Carl Horber
Horber berpendapat orang yang terlibat dalam organisasi-organisai seperti ini adalah mereka yang melaksanakan tanggungjawab pribadi untuk diri sendiri dan orang lain. Semboyan umum semua birokrat adalah perlindungan sebagai ganti tanggung jawab.
Manfaat Tanggungjawab
Sifat bertanggungjawab yang Anda miliki tentu akan bermanfaat bagi diri Anda secara pribadi. Sifat bertanggungjawab juga akan mengangkat derajat Anda sebagai manusia.
Meski Anda melakukan kesalahan, akui dan bertanggungjawablah. Ini jauh lebih baik daripada Anda harus lari dari kesalahan bagaikan seorang pengecut jalanan.
Adapun manfaat dari sikap bertanggungjawab adalah:
1. Dihargai Orang Lain
Orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang baik pada umumnya akan lebih dihargai oleh orang lain. Karena sifat tersebut membuatnya menjadi orang yang bisa diandalkan dan dapat dipercayai untuk mengemban sesuatu.
2. Jarang Melakukan Kesalahan
Orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang baik biasanya juga tidak mudah untuk melakukan kesalahan. Karena ia sangat berhati-hati akan tugas yang ia kerjakan. Dan ia juga sangat teliti untuk memeriksa apakah pekerjaannya terselesaikan dengan benar atau tidak.
3. Dapat Dipercaya
Orang yang memiliki sifat tanggung jawab yang baik juga lebih banyak dipercaya oleh orang lain. Kepercayaan itu pun didapat dari hasil kerja yang sudah dikerjakan oleh seseorang tersebut sebelumnya.
Maka dari itu biasanya orang yang memiliki sifat tanggung jawab lebih banyak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, organisasi maupun tempat ia bekerja.
4. Mendorong Kesuksesan
Percaya tidak jika Anda selalu bertindak penuh dengan tanggung jawab maka kesuksesan akan mengikuti Anda?
Bagaimana tidak, kinerja Anda akan selalu mendapat pujian karena tidak asal-asalan. Anda juga tidak pernah lari dari masalah sehingga pekerjaan Anda selalu selesai.
Macam-macam Tanggung Jawab dan Contohnya
1. Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri
Hal pertama yang harus Anda tanamkan jika ingin menjadi orang yang bertanggungjawab ialah rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.
Tanggung jawab pada diri sendiri dapat menentukan suatu kesadaran pada setiap pribadi orang utnuk dapat memenuhi kewajibannya sendiri di dalam mengembangkan kepribadian mereka sebagai manusia.
Contohnya: Menjaga pola hidup sehat dan menjauhi narkoba karena narkoba dapat merusak tubuh Anda. Contoh lainnya adalah menjauhi hal-hal yang merugikan Anda dan nama baik Anda.
2. Tanggung Jawab pada Keluarga
Tanggung jawab keluarga terdiri atas ayah, ibu dan anak-anak di dalamnya. Dan pada tanggung jawab ini termasuk didalamnya ada keselamatan, kesejahteraan dan juga kehidupan harmonis didalam suatu keluarga.
Contoh: Ayah mencari nafkah untuk anak istrinya setiap hari. Ibu merawat anak di rumah.
3. Tanggung Jawab pada Masyarakat
Selain pada keluarga, ada pula tanggung jawab pada masyarakat. Tanggung jawab ini harus didilakukan pada setiap anggota masyarakat yang didalamnya. Guna untuk dapat terus melangsungkan hidupnya didalam kelompok masyarakat tersebut. Maka hal yang wajar jika segala perilaku dan juga perbuatan juga harus dipertangjawabkan oleh masyarakat itu sendiri.
Contoh: Menjaga kebersihan lingkungan, membayar iuran jaga malam dan ikut melakukan jaga malam.
4. Tanggung Jawab pada Tuhan
Setiap manusia yang telah dilahirkan didunia ini pasti memiliki tanggung jawab kepada Tuhan. Dan setiap orang yang memiliki agama juga tentu pasti tau tanggung jawab apa yang harus ia tanggung.
Biasanya setiap agama memiliki larangan yang tidak memperboleh penganutnya melakukannya. Maka apabila hal tersebut dilanggar, maka orang tersebut akan bertanggung jawab di akhirat kelak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, manfaat dan macam-macam tanggung jawab "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel