Kompetensi dasar kelas 4 semester 2 (tema 6,7,8,9)


kelas 4 tema 6

PPKN 1.1  mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
PPKN 2.3  bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika  
PPKN 3.3  menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.4  mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
B. INDO 3.6  menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
B. INDO 4.6  melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri
IPA 3.2  membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
IPA 4.2  membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
IPS 3.1  mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
IPS 4.1  menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi 
SBdP 3.2  mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 3.4  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 4.2  menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3  meragakan gerak tari kreasi daerah
SBdP 4.4  membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

kelas 4 tema 7 
PPKN 1.4  mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
PPKN 2.4  menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 3.4  mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 4.4  mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
B. INDO 3.7 menggali pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi

B. INDO 4.7  menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri
IPA 3.3  mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan.
IPA 4.3  mendemonstra-sikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
IPS 3.2  mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia
IPS 4.2  menyajikan hasil identifikasi  mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia
SBdP 3.2  mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 3.4  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 4.2  menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3  meragakan gerak tari kreasi daerah
SBdP 4.4  membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik.

tema 8 
PPKN 1.1  mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
PPKN 1.2  mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
PPKN 1.3  mensyukuri  keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika  
PPKN 1.4  mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
PPKN 2.1  bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika.
PPKN 2.2  menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 2.3  bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks  Bhinneka Tunggal Ika  
PPKN 2.4  menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 3.3  menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.3  mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari.
B. INDO 3.9  mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi
B. INDO 4.9  menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi
IPA 3.4  menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar.
IPA 4.4  menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak
IPS 3.3  mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi 
IPS 4.3  menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
SBdP 3.1  mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi.
SBdP 3.2  mengetahui gerak tari kreasi daerah
SBdP 3.3  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 3.4  mengetahui karya seni rupa teknik tempel
SBdP 4.1  membuat gambar cerita
SBdP 4.2  menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada
SBdP 4.3  meragakan gerak tari kreasi daerah
tema 9 
PPKN 1.2  mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
PPKN 2.2  menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan.
PPKN 3.2  mengidentifikasi  pelaksanaan kewajibanan hak sebagai warga  masyarakat dalam  kehidupan sehari-hari.
PPKN 4.2  menyajikan hasil  identifikasi pelaksanaan  kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-har
B. INDO 3.3  Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
B. INDO 4.3  melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
IPA 3.2  membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
IPA 3.5  mengidentifikasi berbagai  sumber energi, perubahan  bentuk energi, dan sumber  energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi,  bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
IPA 4.2  membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
IPA 4.5  menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
IPA 4.6  Menyajikan laporan hasil  pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi.
IPS 3.1  mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat  dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
IPS 4.1  menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat  kota/kabupaten sampai tingkat provinsi 
SBdP 3.2  mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada.
SBdP 4.2  menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kompetensi dasar kelas 4 semester 2 (tema 6,7,8,9)"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel