Kompetensi dasar kelas 4 semester 2 (tema 6,7,8,9)
kelas 4 tema 6
| PPKN | 1.1 | mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. |
| PPKN | 2.3 | bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika |
| PPKN | 3.3 | menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. |
| PPKN | 4.4 | mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. |
| B. INDO | 3.6 | menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan |
| B. INDO | 4.6 | melisankan puisi hasil karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri |
| IPA | 3.2 | membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. |
| IPA | 4.2 | membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya |
| IPS | 3.1 | mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi |
| IPS | 4.1 | menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi |
| SBdP | 3.2 | mengetahui gerak tari kreasi daerah |
| SBdP | 3.3 | mengetahui karya seni rupa teknik tempel |
| SBdP | 3.4 | mengetahui karya seni rupa teknik tempel |
| SBdP | 4.2 | menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada |
| SBdP | 4.3 | meragakan gerak tari kreasi daerah |
| SBdP | 4.4 | membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik. |
kelas 4 tema 7
| PPKN | 1.4 | mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. |
| PPKN | 2.4 | menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
| PPKN | 3.4 | mengidentifikasi berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
| PPKN | 4.4 | mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. |
| B. INDO | 3.7 | menggali
pengetahuan baru yang terdapat pada teks nonfiksi |
| B. INDO | 4.7 | menyampaikan pengetahuan baru dari teks nonfiksi ke dalam tulisan dengan bahasa sendiri |
| IPA | 3.3 | mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. |
| IPA | 4.3 | mendemonstra-sikan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan |
| IPS | 3.2 | mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia |
| IPS | 4.2 | menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia |
| SBdP | 3.2 | mengetahui gerak tari kreasi daerah |
| SBdP | 3.3 | mengetahui karya seni rupa teknik tempel |
| SBdP | 3.4 | mengetahui karya seni rupa teknik tempel |
| SBdP | 4.2 | menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada |
| SBdP | 4.3 | meragakan gerak tari kreasi daerah |
| SBdP | 4.4 | membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik. |
tema 8
| PPKN | 1.1 | mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. |
| PPKN | 1.2 | mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. |
| PPKN | 1.3 | mensyukuri keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika |
| PPKN | 1.4 | mensyukuri berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. |
| PPKN | 2.1 | bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika. |
| PPKN | 2.2 | menampilkan
sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
| PPKN | 2.3 | bersikap toleran dalam keberagaman umat beragama di masyarakat dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika |
| PPKN | 2.4 | menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
| PPKN | 3.3 | menjelaskan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. |
| PPKN | 4.3 | mengemukakan manfaat keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan sehari-hari. |
| B. INDO | 3.9 | mencermati tokoh-tokoh yang terdapat pada teks fiksi |
| B. INDO | 4.9 | menyampaikan hasil identifikasi tentang yang ingin diperjuangkan atau dipertentangkan antartokoh pada cerita fiksi |
| IPA | 3.4 | menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar. |
| IPA | 4.4 | menyajikan hasil percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak |
| IPS | 3.3 | mengidentifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi |
| IPS | 4.3 | menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dalam meningkatkan kehidupan masyarakat di bidang pekerjaan, sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi |
| SBdP | 3.1 | mengetahui gambar dan bentuk tiga dimensi. |
| SBdP | 3.2 | mengetahui gerak tari kreasi daerah |
| SBdP | 3.3 | mengetahui karya seni rupa teknik tempel |
| SBdP | 3.4 | mengetahui karya seni rupa teknik tempel |
| SBdP | 4.1 | membuat gambar cerita |
| SBdP | 4.2 | menampilkan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada |
| SBdP | 4.3 | meragakan gerak tari kreasi daerah |
tema 9
| PPKN | 1.2 | mensyukuri berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. |
| PPKN | 2.2 | menampilkan
sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan. |
| PPKN | 3.2 | mengidentifikasi pelaksanaan kewajibanan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
| PPKN | 4.2 | menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-har |
| B. INDO | 3.3 | Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan |
| B. INDO | 4.3 | melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis |
| IPA | 3.2 | membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya. |
| IPA | 3.5 | mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari |
| IPA | 4.2 | membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya |
| IPA | 4.5 | menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi |
| IPA | 4.6 | Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan tentang sifat-sifat bunyi. |
| IPS | 3.1 | mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi |
| IPS | 4.1 | menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi |
| SBdP | 3.2 | mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada. |
| SBdP | 4.2 | menyanyikan lagu dengan memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada |

0 Response to "Kompetensi dasar kelas 4 semester 2 (tema 6,7,8,9)"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.