kompetensi dasar kelas 5 semester 2 (tema 6,7,8, 9)
tema 6
1
|
PKn
|
1.2 Menghargai kewajiban,hak, dan tanggug jawab sebagai
warga masyarakat dan umat beragama
dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam memenuhi kewajiban dan
hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Memahami
hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai
warga dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Menjelaskan hak,kewajiban, dan tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2
|
BAHASA
INDONESIA
|
3.3 Meringkas teks
penjelasan (eksplanasi) dari media cetak
atau elektronik.
4.3 Menyajikan
ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari
media cetak atau elektronik dengan menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif secara
lisan, tulis, dan visual.
|
3
|
IPA
|
3.6 Menerapkan
konsep perpindahan kalor dalam kehidupan
sehari-hari.
4.6 Melaporkan hasil pengamatan
tentang perpindahan kalor.
|
4
|
IPS
|
3.2 Menganalisis
bentuk bentuk interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan
sosial,budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia.
4.2 Menyajikan hasil
analisis tentang interaksi manusia dengan
lingkungan dan pengaruhnya terhadappembangunan
sosial,budaya, dan ekonomi masyarakat
Indonesia.
|
5
|
SBDP
|
3.2 Memahami tangga
nada.
4.2 Menyanyikan
lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik.
|
tema 7
NO
|
MUATAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
1
|
PKn
|
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial
budaya masayarakat sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks
Bhineka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka
Tunggal Ika
3.3 Menelaah keberagaman sosial
budaya masyarakat
4.3 Menyelenggarakan kegiatan
yang mendukung keberagaman sosial budaya
masyarakat
|
2
|
BAHASA
INDONESIA
|
3.5 Menggali
informasi penting dari teks narasi
sejarah yang disajikan secara lisan dan
tulis menggunakan aspek: apa, di
mana,kapan, siapa, mengapa,dan bagaimana
4.5 Memaparkan
informasi penting dari teks narasi sejarah
menggunakan aspek: apa, di mana, kapan,siapa, mengapa,
dan bagaimana serta kosakata baku
dan kalimat efektif
|
3
|
IPA
|
3.7 Menganalisis
pengaruh kalor terhadap perubahan suhu
dan wujud benda dalam kehidupan seharihari
4.7 Melaporkan hasil percobaan
pengaruh kalor pada benda
|
4
|
IPS
|
3.4 Mengidentifikasi faktor-faktor
penting penyebab penjajahan bangsa
Indonesia dan upaya bangsa Indonesia dalam
mempertahankan kedaulatannya.
4.4 Menyajikan hasil identifikasi
mengenai faktor-faktor penting penyebab
penjajahan bangsa Indonesia dan upaya
bangsa Indonesia dalam mempertahankan kedaulatannya.
|
5
|
SBDP
|
3.2 memahami tangga
nada
4.2 menyanyikan
lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik
|
tema 8
NO
|
MUATAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
1
|
PKn
|
1.3 Mensyukuri keragaman sosial masyarakat
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam keragaman
sosial budaya masyarakat dalam konteks Bhineka
Tunggal Ika
3.3 Menelaah keragaman sosial budaya
masyarakat
4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang
mendukung keragaman sosial budaya masyarakat
|
2
|
BAHASA
INDONESIA
|
3.8 Menguraikan
urutan peristiwa atau tindakan yang
terdapat pada teks nonfiksi
4.8 Menyajikan
kembali peristiwa atau tindakan dengan memperhatikan
latar cerita yang terdapat pada teks
fiksi
|
3
|
IPA
|
3.8 Menganalisis
siklus air dan dampaknya pada peristiwa di
bumi serta kelangsungan mahluk hidup
4.8 Membuat karya
tentang skema siklus air berdasarkan informasi dari
berbagai sumber
|
4
|
IPS
|
3.3 Menganalisis
peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan
masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat
kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia serta
hubungannya dengan karakteristik ruang
4.3 Menyajikan hasil
analisis tentang peran ekonomi dalam upaya
menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang
sosial dan budaya untuk memperkuat
kesatuan dan persatuan bangsa
|
5
|
SBDP
|
3.2 Memahami tangga
nada
4.2 Menyanyikan
lagu-lagu dalam berbagai tangga nada dengan iringan
musik
|
tema 9
NO
|
MUATAN
|
KOMPETENSI DASAR
|
1
|
PKn
|
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan
dan kesatuan sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa.
2.4 Menampilkan sikap jujur pada
penerapan nilai-nilai persatuan dan
kesatuan untuk membangun kerukunan
di bidang sosial budaya.
3.4 Menggali manfaat persatuan
dan kesatuan untuk membangun kerukunan
hidup.
4.4 Menyajikan hasil penggalian
tentang manfaat persatuan dan
kesatuan untuk membangun kerukunan.
|
2
|
BAHASA
INDONESIA
|
3.3 Meringkas teks
penjelasan (eksplanasi) dari media cetak
atau elektronik.
4.3 Menyajikan
ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari
media cetak atau elektronik dengan menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif secara
lisan, tulis, dan visual.
|
3
|
IPA
|
3.9 Mengelompokkan materi
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen
penyusunnya (zat tunggal dan campuran).
4.9 Melaporkan hasil pengamatan
sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
|
IPS
|
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim
dan agraris serta pengaruhnya terhadap
kehidupan ekonomi, sosial, budaya,komunikasi, serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial,budaya,
komunikasi, serta transportasi.
|
5
|
SBDP
|
3.2 Memahami tangga
nada.
4.2 Menyanyikan
lagu-lagu dalam berbagai tangga nada
dengan iringan musik.
|
0 Response to "kompetensi dasar kelas 5 semester 2 (tema 6,7,8, 9)"
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.